PROFIL PESMA-Q TASIKMALAYA
A. Mukadimah
Pesantren Mahasiwa Al-Qalam (Pesma-Q) didirikan oleh H.I.M. Ulum di Sukarindik Kota Tasikmalaya Jawa Barat pada tahun 2016. Pendirian pesantren ini, dilatar belakangi oleh kondisi pendidikan nasional yang kurang mampu membentuk watak dan peradaban bangsa agar beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Padahal, pendidikan nasional berakar pada nilai-nilai agama dan kebudayaan nasional Indonesia.
Sementara itu, matakuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) di Perguruan Tinggi Umum (PTU) dalam posisinya sebagai matakuliah pengembangan kepribadian, dan matakuliah agama Islam di Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) sebagai salah satu tiang kebudayaan bangsa yang diharapkan bisa memperkokoh kedudukan masyarakat, kedua matakuliah ini belum sepenuhnya bisa mengantarkan mahasiswa sesuai harapan.
Berdasarkan temuan di beberapa PTU di Jawa Barat, bahwa kognisi, afeksi, dan psikomotor mahasiswa masih lemah dan perlu ada pembelajaran tambahan PAI di luar perkuliahan. Begitu pula, berdasarkan temuan di beberapa PTAI di Jawa Barat, bahwa mahasiswa yang mengambil mata kuliah bahasa Arab, ‘Ilmu al-Ushūl (Teori Dasar Islam), dan Metodologi Studi Islam, dinilai masih lemah dan perlu ada penguatan pembelajaran yang dialogis aplikatif.
Karena itu, sebagai bentuk tanggung jawab di dalam membenahi kondisi pembelajaran bagi mahasiswa seperti tersebut di atas, Pesma-Q sejak tahun 2016 telah mempersiapkan diri sesuatu yang berhubungan dengan pendidikan dan pembelajaran, yang dimulai dari pembuatan kurikulum sampai kepada sosialisasi kepada tokoh pendidikan, agama, pesantren, organisasi kemahasiswaan, organisasi profesi, dan organisasi lain.
Namun, karena keterbatasan sumber daya manusia dan sarana yang dimiliki, maka untuk mendukung cita-cita Pesma-Q, terlebih dahulu diawali dengan sosialisasi kajian bahasa Arab, bahasa Inggris, Karya Ilmiah, Fikih Pendidikan, dan Tafsir Al-Qur’an Kontekstual melalui rekaman video, live streaming pada website Pesma-Q yang bisa diakses di www.pesmaq.com, yang ditindak lanjuti dengan kajian insidentil di dunia nyata.
B. Definisi dan Logo
Pesma-Q adalah lembaga pendidikan non-formal berbasis Perguruan Tinggi, Pesantren, dan Organisasi Massa Kemahasiswaan. Pesma-Q telah menetapkan tri dharma Perguruan Tinggi sebagai ruh pesantren yang dimulai dari penelitian, pendidikan dan pengajaran, dan pengabdian kepada masyarakat.
Gambar: Logo Pesma-Q
Gambar bulan berwarna abu-abu adalah penampakan bulan bila difoto dari ruang angkasa, menunjukkan bahwa Pesma-Q adalah sebuah lembaga pendidikan visioner yang dikelola secara profesional dengan semangat ulul albab.
Kalimat قيدوا العلم بالكتاب dengan warna tinta emas diambil dari hadits Nabi Muhammad SAW, yang menunjukan respon kesiapan Pesma-Q untuk berkarya dalam karya ilmiah.
Gambar pena dan huruf ق adalah lambang dari sarana untuk merespon pesan wahyu seperti tertera pada sabda Nabi Muhammad SAW yang menjadi jargon Pesma-Q.
C. Visi. Misi, dan Tujuan
Berdasarkan landasan filosofis, definisi dan logo Pesma-Q di atas, maka yang menjadi visi, misi, dan tujuan serta road map lembaga pendidikan ini, adalah sebagai berikut.
Visi
Menjadi pusat pendidikan dan dakwah Islam terkemuka di Priangan Timur yang mampu ber-kontribusi bagi persoalan mazhab, keumatan, kebangsaan dan kemanusiaan.
Misi
- Menyelenggarakan penelitian dengan produk buku-buku ke-Islaman.
- Menyelenggarakan pembelajaran berbasis tazkiyatun nafsi (kesucian jiwa).
- Melaksanakan pengabdian dan dakwah Islam secara terbuka yang masif dan sistemik.
- Membangun jejaring nasional dan internasional dengan ormas, pesantren, DKM, ormawa, MGMP, KKG, organisasi profesi, dan organisasi lain.
Tujuan
Memperkuat dan melahirkan sarjana berakhlak karimah, terampil berbahasa Arab-Inggris, menulis karya ilmiah, dan memiliki pemahaman Islam yang utuh dengan mazhab Islam ahlus sunnah wal jamā’ah.
D. Road Map
Pengembangan Pesma-Q diawali dari penelitian hingga melahirkan produk kurikulum, buku ajar, fikih pendidikan, dan tafsir al-Qur’an Kontekstual 30 juz.
E. Profil Pimpinan
Sampai dengan tahun 2019, pimpinan Pesma-Q yang aktif untuk mewujudkan visi, misi, dan tujuan lembaga terdiri dari Pembina dan Pimpinan Harian.
1. Pembina Pesma-Q
Identitas
Nama Lengkap : H. Iip Syamsul Arief MN
Tempat, tanggal lahir : Tasikmalaya, 26 Desember 1962
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat Rumah : Jl. Siliwangi No. 41 Tasikmalaya 46115 Jawa Barat Indonesia
Phone : +62812 2117 265
Riwayat Pendidikan
- SD Negeri Sukarindik II Bungursari Kota Tasikmalaya, lulus tahun 1975
- MTs NU Tasikmalaya, lulus tahun 1978
- MAN Darusalam Ciamis, lulus tahun 1981
- Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Darusalam Ciamis, lulus tahun 1986
- Pondok Pesantren Darussalam Ciamis, lulus tahun 1986
Pengalaman Organisasi
- Ketua HMI Cabang Ciamis, tahun 1983-1985
- Ketua Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Ciamis, tahun 1983-1986
- Ketua Senat Mahasiswa IAID Ciamis, tahun 1984-1985
- Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Kwarcab Ciamis, tahun 1984-1987
- Ketua HMI Cabang Tasikmalaya, tahun 1987-1988
- Dewan Penasehat DPD KNPI Kota Tasikmalaya, tahun 1990-1995
- Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Tasikmalaya, tahun 1993-1998
- Pimpinan Harian Pondok Pesantren Mahasiswa Ibnu Siena, tahun 2000
- Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tasikmalaya, tahun 2005-2010
- Ketua DPD PAN Kabupaten Tasikmalaya, tahun 2005-2010
- Ketua DPW/Kedua Badan Pengkaderan PAN Jabar, tahun 2005-2010
- Ketua Badan Pendiri Yayasan Al-Barokah Tasikmalaya, tahun 2006
- Wakil Ketua Forum Kerukunan Ummat Beragama (FKUB) Kabupaten Tasikmalaya, tahun 2007-2011
- Ketua Pembina/BPH STIKES Muhammadiyah Tasikmalaya, tahun 2007-2016
- Ketua Presidium Korps Alumni HMI (KAHMI) Tasikmalaya, tahun 2007-2012
- Sekretaris Forum Kerukunan Ummat Beragama (FKUB) Kabupaten Tasikmalaya, tahun 2009-2014
- Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Tasikmalaya, tahun 2010-2015
- Ketua Panitia Pendirian Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, tahun 2012
- Penasehat MUI Kota Tasikmalaya, tahun 2013-2018
- Ketua Pembina/BPH Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, tahun 2015-2019
Pengalaman Pekerjaan
- Guru MA Nurussalam, Guru SMA Ibnu Siena, tahun 1990-2000
- Kepala SMP Islam Ibnu Siena, tahun 1994-1998
- Ketua Fraksi Amanah DPRD Kabupaten Tasikmalaya, tahun 1999-2004
- Ketua Fraksi Amanah DPRD Kabupaten Tasikmalaya, tahun 2004-2009
- Ketua Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Tasikmalaya, tahun 2004-2009
- Pembina Perguruan Tinggi Muhammadiyah, tahun 2000-Sekarang
2. Pimpinan Harian
Identitas
Nama Lengkap : H. Itah Miftahul Ulum
Tempat, tanggal lahir : Tasikmalaya, 12 Juli 1970
Pekerjaan : Dosen Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
Alamat Rumah : Belakang Kantor Kelurahan Sukarindik RT 02 RW 01 No. 9 Tasikmalaya 46151 Jawa Barat Indonesia
Phone : +62813 9581 3870
Riwayat Pendidikan Tinggi
- Jurusan Bahasa Arab, Fakultas Sastra Universitas Indonesia Jakarta (1993-1995, tidak tamat)
- The Arabic and Culture Unit Programme, King Saud University Riyadh Saudi Arabia (1995-1998)
- Prodi S1 PAI STAI Tasikmalaya (1998-2000)
- Prodi S2 Magister Pendidikan Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung (2004-2006)
- Prodi S3 Doktor Pendidikan Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung (2014-2019, in sya Allah)
Karya Ilmiah/Buku Ber-ISBN (Lima Tahun Terakhir)
- Islamic Studies untuk Perguruan Tinggi Umum (2014)
- Teologi untuk Pendidikan Islam (2015)
- PAI dan Budi Pekerti Kelas I SD (2018)
- PAI dan Budi Pekerti Kelas II SD (2018)
- PAI dan Budi Pekerti Kelas III SD (2019)
- PAI dan Budi Pekerti Kelas IV SD (2018)
- PAI dan Budi Pekerti Kelas V SD (2018)
- PAI dan Budi Pekerti Kelas VI SD (2019)
- Bahasa Arab untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas I MI (2018)
- Bahasa Arab untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas II MI (2018)
- Bahasa Arab untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas III MI (2018)
- Studi Islam: Prinsip Dasar dan Fikih Ekonomi Islam Versus Kapitalisme (2018)
- Pendidikan Karakter Melalui PPKn (2018)
- Maharatul Qira’ah, Terampil Membaca Teks dan Konteks (2019)
Karya Ilmiah/Jurnal Ber-ISSN (Empat Tahun Terakhir)
- The Decadence of Indonesia Muslim’s Thinking (2015)
- Four Sect of Islamic Education Minded in Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon (2015)
- Peranan Pendidikan dalam Meluruskan Pemikiran Orientalis dalam Kebudayaan Islam (2016)
- Desain Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum Berbasis Evolusi Budaya (2016)
- Tafsir Ayat Hak Anak dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (2017)
- Al-Tafsir Al-Siyaqi fi Ayat Al-Iqtishad wa ‘Alaqatuhu bi Al-Tashawwur wa Al-Akhlaq Karimah (2018)
- Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berbasis Keimanan (2018)
F. Tenaga Pendidik
Sampai dengan tahun 2019 tenaga pendidik yang aktif mewujudkan cita-cita mulia Pesma-Q, adalah sebagai berikut:
- H.I.M. Ulum, mengajar bahasa Arab, Menulis Karya Ilmiah, Fkih Pendidikan, dan Tafsir Al-Qur’an Kontekstual
- M. Rifqi Romdon Anwari, mengajar bahasa Inggris
G. Penutup
Pesma-Q adalah lembaga pendidikan independent yang tidak melibatkan diri dalam politik praktis. Tetapi, Pesma-Q memberikan pilihan kepada seluruh keluarga besar Pesma-Q, untuk menentukan pilihan politik praktis sesuai tingkat kemampuan berpikir masing-masing.
Pendanaan kegiatan Pesma-Q diambil dari usaha jual beli produk Pesma-Q terutama buku ajar dan makanan, dan sumber pendanaan lain dari pihak lain dengan sumber pendanaan yang halal dan tidak mengikat.
Tasikmalaya, 7 Januari 2019
Pimpinan Pesma-Q,
H.I.M. Ulum
Posting Komentar